Ceriwis

14 Panduan agar hidupmu lebih bahagia dan bersyukur, patut dicoba

“Kebahagiaan adalah arti dan tujuan hidup, seluruh tujuan dan akhir eksistensi manusia”. Aristoteles mengatakan hal itu lebih dari 2.000 tahun yang lalu, dan masih berlaku hari ini. Apa tujuan hidup yang sebenarnya, jika tidak hidup bahagia sampai kita mati?

Kebahagiaan adalah salah satu tujuan yang paling dicari dalam hidup, tetapi bagi banyak orang tampaknya sulit dipahami. Sangat mudah untuk menipu diri sendiri dengan berpikir, “Ketika Aku baru saja memiliki rumah yang bagus dan mobil baru, maka Aku bisa bahagia”.

Namun kenyataannya, kebahagiaan tersedia bagi kita semua, saat ini. Rumah besar atau mobil baru tidak akan membuat Kamu lebih bahagia, itu adalah sukacita sederhana dalam hidup yang membawa kebahagiaan sejati.

Baca terus untuk mempelajari beberapa cara sederhana agar Kamu dapat mulai menjalani kehidupan yang lebih bahagia saat ini.


1. Lakukan saja apa yang kamu cintai

Jika gairah Kamu adalah bermain sepak bola, menulis puisi, atau mengajar anak-anak cara berenang, luangkan waktu untuk melakukannya. Kamu akan menemukan bahwa ketika Kamu melakukan apa yang Kamu sukai, Kamu dipenuhi dengan sukacita. Jauh lebih baik daripada memaksakan diri melakukan sesuatu yang tidak Kamu sukai?

 

2. Bantu orang lain

Kadang-kadang setelah kita mencapai tujuan pribadi sendiri, kita masih merasa kosong di dalam diri kita karena belum memberikan kontribusi yang berarti bagi kehidupan orang lain. Ketika kita menjadi sukarelawan atau membantu orang lain, rasanya menyenangkan hanya melayani orang lain. Dampak yang kita buat terasa memuaskan dan merupakan sumber potensial besar untuk kebahagiaan kita sendiri.

 

3. Bersyukurlah

Ketika Kamu memikirkan semua hal yang harus Kamu syukuri, Kamu menyadari betapa terberkahinya Kamu. Tanpa disadari, kita mengambil kebutuhan dasar kita begitu saja, atap di atas kepalamu dan banyak makanan untuk dimakan. Dengan menghargai hal-hal yang sudah Kamu miliki, Kamu akan mulai merasa lebih bahagia dalam hidup Kamu.

 

4. Bagikan dengan orang lain

Ketika kita berbagi pikiran kita, waktu kita, dan kemampuan kita dengan orang lain, kita merasa lebih baik untuk itu. Kehidupan yang hidup tanpa berbagi bisa menjadi sepi. Ketika Kamu berbagi dengan orang lain, mereka akan merasa hebat terhadap Kamu dan membantu Kamu merasakan lebih banyak sukacita dalam hidup Kamu sendiri.

 

5. Senyum lainnya

Berlatihlah tersenyum lebih banyak dan lihat bagaimana hal itu memengaruhi Kamu secara internal, serta orang-orang di sekitar Kamu. Kamu selalu bisa memberikan senyum. Tersenyum dapat membuat Kamu lebih bahagia, bahkan jika Kamu harus memaksanya, Kamu akan tetap merasa lebih baik.

 

6. Olahraga

Kapan terakhir kali Kamu pergi ke gym atau berolahraga? Olahraga mengurangi stres dan melepaskan endorfin. Bermain juga merupakan cara yang menyenangkan untuk berolahraga, entah itu menendang bola sepak atau lingkaran menembak.

 

7. Carilah pelatih hidup

Pelatih kehidupan akan membantu Kamu mengevaluasi kehidupan Kamu dan mengapa Kamu tidak merasa bahagia di dalamnya. Mungkin Kamu memegang keyakinan yang membatasi atau Kamu memiliki blok emosional tanpa menyadarinya. Dengan berbicara kepada pelatih kehidupan, Kamu dapat mengungkap mengapa Kamu sebenarnya tidak bahagia dan apa yang dapat Kamu lakukan untuk merasa lebih baik.

 

8. Temukan cara untuk mengelola stres

Jangan biarkan stres merampas hak kesulungan Kamu untuk bahagia. Kamu berhak untuk bahagia, dan tidak akan membiarkan stres menghalangi Kamu. Latihan seperti meditasi dapat membantu Kamu mengelola stres dengan lebih baik dan merasa hebat.

 

9. Mengonsumsi makanan sehat

Jauh lebih menantang untuk merasa benar-benar bahagia ketika Kamu sakit. Tetapi ketika Kamu makan dengan benar, Kamu merasa lebih baik secara fisik dan mental. Dan Kamu akan menghindari perasaan bersalah bahwa Kamu baru saja melahap makanan sampah.

 

10. Habiskan waktu dengan orang tersayang

Tidak ada pengganti untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang Kamu cintai. Kita adalah makhluk sosial, bahkan jika Kamu seorang introvert atau seorang penyendiri. Orang suka menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga mereka untuk percakapan yang baik, ikatan, dan beberapa tawa. Hidup terlalu pendek untuk hidup sepenuhnya sendirian.

 

11. Buang pikiran negatif

Kamu sudah tahu bahwa pemikiran negatif akan membawa Kamu menjadi buruk. Jadi bagaimana cara menghentikannya? Menjadi lebih sadar dan coba gantilah pikiran negatif Kamu dengan pikiran positif. Habiskan lebih sedikit waktu dengan orang-orang negatif dan lebih banyak waktu bersama orang-orang yang positif.

 

12. Berikan lebih banyak hadiah

Kamu tidak perlu memberikan hadiah mahal, terkadang sebuah puisi, catatan singkat, atau email yang bijaksana akan mencerahkan hari orang lain. Bagikan apa yang dapat Kamu berikan kepada semua orang yang menakjubkan dalam hidupmu.

 

13. Maafkan dan lupakan

Menyimpan dendam akan merugikan Kamu lebih dari orang yang Kamu tolak. Tanyakan kepada diri sendiri, “Apa yang diperlukan untuk Aku melepaskan masa lalu?” Dan perhatikan bagaimana perasaan Kamu ketika Kamu melepaskan kemarahan Kamu selama beberapa detik. Berfokuslah pada masa depan yang cerah dan Kamu akan merasa lebih baik karenanya.

 

14. Berjalanlah di alam

Menghabiskan waktu di alam bisa sangat menyegarkan dan memperbarui, terutama ketika Kamu hidup di dunia buatan manusia. Berjalan-jalan di hutan atau taman lokal Kamu dan mendapatkan udara segar dapat memungkinkan Kamu untuk menghargai keindahan alam.

 

Bonus: Jadilah diri sendiri

Seperti yang dikatakan Steve Jobs, “Waktu Kamu terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani kehidupan orang lain”. Terima siapa Kamu, jadilah diri sendiri, dan Kamu akan merasakan perbedaan dunia

Add comment