Ceriwis
physical touch

5 Alasan Kamu Membutuhkan Kontak Fisik Setiap Hari

physical touchKita sering menggunakan indera penglihatan dan pendengaran kita daripada dengan indera perasa kita, tetapi manusia mungkin sangat membutuhkan kontak fisik setiap hari. Sentuhan merupakan bagian dari kedekatan dua orang yang tidak mungkin kita dapatkan dari jarak. Untuk alasan ini, sentuhan memberikan kita rasa keterhubungan dengan orang lain dan dengan lingkungan kita.

Anak anak membutuhkan sentuhan kasih sayang untuk membangun kemampuan fisik dan sosial. Menghalangi anak dari sentuhan fisik terlihat seperti menelantarkan. Psikolog terkenal Harry Harlow mempelajari bahwa bayi monyet yang dirampas haknya untuk menikmati makanan dan sentuhan dari induknya kemudian diharuskan memilih antara makanan atau sentuhan. Bayi monyet yang malang itu lebih memilih sentuhan daripada makanan. Manusia sendiri tidak terlau beda dengan kebutuhan kita akan sentuhan.

MASA DEPAN DARI KONTAK FISIK

Teknologi telah memberikan keuntungan untuk orang-orang yang telah terpisah dengan jarak untuk merasakan sentuhan dengan orang terkasihnya melalui internet. Ini dimungkinkan melalui koneksi timbal balik ‘Haptic’. Penerima menggunakan alat yang meniru sensasi sentuhan kulit. Ketika pengirim pesan memulai percakapan haptic, penerima pesan dapat merasakan sentuhan melalui alat yang mereka pakai.

Di masa depan, kamu mungkin tidak akan membutuhkan sentuhan pasanganmu untuk mengisi kebutuhanmu akan kontak fisik sehari-hari, tetapi sampai tiba saatnya teknologi haptic menjadi lebih umum ditemui, kamu memerlukan teman yang bersedia untuk memberikanmu kontak fisik untuk kamu nikmati. Inilah 5 Alasan kenapa kamu membutuhkan kontak fisik setiap hari.

5 Alasan Kamu Membutuhkan Kontak Fisik Setiap Hari

  1. KAMU MEMBUTUHKAN KONTAK FISIK SETIAP HARI UNTUK BERKOMUNIKASI

Manusia adalah mahluk sosial dan sentuhan adalah bagian dari komunikasi kita dengan sesama. Sentuhan dilakukan untuk mengkomunikasikan arti mendalam antara dua orang. Pikirkan tentang terakhir kali kamu memegang tangan atau bahu orang lain. Apakah kamu sedang bertukar cerita lucu? Penggunaan komunikasi sentuhan adalah ikatan kuat dari komunikasi dan biasanya itu terjadi ketika kamu menggunakan bahasa untuk menyatakan sesuatu yang lebih daripada yang terlihat. Ketika kita menyatakan sindiran, white lies, melebihkan, atau bercanda kita menggunakan kata-kata sebagai simbol atas arti lain. Ini adalah hal yang sering terjadi, daripada ketika kita menyatakan afeksi kita melalui sentuhan.

  1. KAMU MEMBUTUHKAN KONTAK FISIK SETIAP HARI UNTUK MENGHUBUNGKAN DIRIMU SENDIRI DENGAN ORANG LAIN

Indera perasa dari fisik kita yang memberikan kita emosi/perasaan. Kekakuan dalam perasaan mu adalah kecemasan, perasaan yang membuat kamu down adalah ketakutan,dan sebagainya. Sensasi yang kita rasakan didalam dan yang terlihat dipermukaan dari tubuh kita membantu kita untuk berhubungan dengan orang lain dan dunia di sekitar kita.

Bayangkan mengenai kencan hebat yang mungkin kamu dapatkan. Kalau kamu tersenyum sepanjang waktu dan bercakap-cakap hal yang menyenangkan tetapi tidak ada sekalipun momen untuk menyentuh lutut,tangan atau lebih jauh kamu mungkin akan merasakan bahwa mereka tidak tertarik kepadamu karena merekan tidak berinisiatif untuk melakukan sentuhan. Sentuhan memberi sinyal bahwa kita disukai.

 

Peneliti di jurnal Virtual Reality mempelajari masa depan dari sentuhan manusia menyatakan bahwa “Sentuhan pendek dari orang lain dapat menyatakan pengalaman emosional yang kuat; dari pengalaman menghibur dengan sentuhan dari pasangan, ke pengalaman dari kecemasan ketika disentuh orang tak dikenal. Tentu saja, sentuhan manusia menyatakan kapasitas pribadi dan sangat intim interaksi interpersonal, dan memungkinkan untuk membangkitkan perasaan “kedekatan dan membangun koneksi manusia.”

  1. KAMU MEMBUTUHKAN KONTAK FISIK SETIAP HARI UNTUK MENDAPATKAN KEBUTUHANMU

Sentuhan adalah cara efektif untuk meyakinkan orang lain untuk melakukan apa yang kamu butuhkan. Komunikasi melalui sentuhan menyatakan pentingnya kata-kata dan perintah untuk menarik perhatian dari orang lain. Pada dasarnya kamu mengatakan ‘tolong perhatikan aku dengan sangat baik saat ini’ dengan kamu menyentuh tangan orang lain dan berbicara dengan mereka.

  1. KAMU MEMBUTUHKAN KONTAK FISIK SETIAP HARI UNTUK MEMBERI DAN MENERIMA ENERGI POSITIF

Sentuhanmu memiliki arti yang kuat dan itu bisa jadi menjadi cara untuk menyalurkan dan menerima energi positif dari satu orang ke orang lain. Ketika sentuhanmu menyatakan kasih saying atau kebahagiaan, kamu memberikan energi positif untuk orang lain yang kamu sentuh. Kamu juga dapat merasakan energi positif dari sentuhan orang lain ketika mereka memberikan kebahagiaan dan cinta kepadamu.

  1. KAMU MEMBUTUHKAN KONTAK FISIK SETIAP HARI UNTUK MENYEMBUHKAN LUKA BATINMU

Sentuhan Therapeutic telah digunakan berabad-abad dengan akupresur,pijatan,praktek chiropractic dan lainnya. Tipe sentuhan terapi ini fokus untuk menyembuhkan tubuh kita, tetapi sentuhan therapeutic juga bisa menyembuhkan pikiran kita.

Psikolog terlisensi dapat bekerja dengan orang untuk memberikan tipe variasi dari sentuhan therapeutic. Terapis menggunakan sentuhan untuk membantu de-kondisi orang yang mengalami kekerasan fisik, untuk mengkomunikasikan energi perhatian dan menenangkan orang melalui krisis bunuh diri, untuk menuntun pasangan melalui terapi seks, untuk memfasilitasi ikatan ketika sesi terapi grup dan lainnya.

 

Yane Pranata

Add comment