Ceriwis

6 Kota mistis di Indonesia yang mungkin kamu belum tau, bahkan ada yang kasat mata

Cerita mistis di Indonesia bukanlah suatu yang tabu. Hal-hal berbau mistis atau horor banyak dipercayai orang Indonesia dan telah ada sejak dahulu kala ketika kerajaan Hindu-Budha sedang berkembang sangat pesat.

Tak dapat dipungkiri, hal-hal berbau gaib atau misterius hingga kini tetap ada dan berkembang di kalangan masyarakat Indonesia. Hal mistis tersebut terutama ada pada kota-kota yang mempunyai sejarah angker, menyimpan tradisi yang telah melegeda, atau bahkan memang gaib keberadaannya.

Nah berikut kota mistis yang ada di Indonesia dilansir dari berbagai sumber.

1. Kota Pontianak

foto: afastar.wordpress.comPontianak merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Barat. Kota yang juga terkesal sebagai kota Khatulistiwa ini menyimpan cerita mistis yang amat melegenda. Ketika kamu mengetikkan kota Pontianak ke image mesin pencari Google, akan banyak bermunculan gambar sosok hantu wanita berambut panjang ‘Kuntilanak’.

Pada zaman dahulu, berdasarkan cerita masyarakat Pontianak, keberadaan Kuntilanak di kota ini sangat menimbulkan keresahan. Oleh karenanya, masyarakat menebangi banyak pohon dan membangun perkampungan. Tak hanya itu, warga dengan dipimpin oleh Syarif Abdurahman Al Kadri membuat meriam karbit untuk mengusir suara kuntilanak.

 

2. Kota Gaib Padang 12 di Kalimantan Barat

foto: segiempat.com

Tempat ini hanyalah sebuah padang rumput seluas 12 KM yang terlihat sangat sepi, jauh dari kesan keramaian. Namun bagi yang percaya, Padang 12 di Kalimantan Barat ini diyakini sebagai tempat dimana adanya kota yang sangat modern, tempat tinggal makhluk tak kasat mata. Makhluk tersebut ialah ‘orang suci’ yang mereka sebut sebagai orang limun.

Orang limun diyakini sering menampakkan diri, mereka sama seperti manusia biasa, hanya saja mereka tidak punya belahan diantara bawah hidung dan di atas bibir.

 

3. Banyuwangi

foto: skyscrapercity.com

Kota Banyuwangi ialah kota yang amat terkenal akan ilmu hitam dan santetnya. Pada tahun 1998, terjadi peristiwa besar yang disebut tragedi santet banyuwangi. Saat itu, 100 orang yang diduga melakukan praktek ilmu hitam seperti santet dibantai meskipun motif peristiwa ini belum diketahui secara jelas.

 

4. Pati

foto: tribunwisata.com

Tak heran jika salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah tengah ini dijuluki dengan sebutan Kota Seribu Paranormal. Di tempat ini, akan sangat mudah menemui orang yang berprofesi sebagai dukun atau paranormal. Tak hanya itu, Pati sangat kental akan cerita mistis sejak zaman Mataram Hindu. Bahkan, banyak orang dari luar kota yang jauh-jauh untuk melakukan praktek pesugihan di tempat ini.

 

5. Yogyakarta

foto: wikimedia.orgYa, Yogyakarta sudah terkenal akan kebudayaannya yang masih lestari. Pemerintahan kota ini pun masih memegang teguh sistem kerajaan/ kesultanan. Berbagai tradisi dan ritual nenek moyang tetap dilakukan hingga sekarang. Tak hanya itu, berbagai mitos di daerah ini juga sangat banyak dan bikin orang percaya ataupun nggak percaya.

 

6. Saranjana, Kalimantan Selatan

foto: uzone.idSama seperti Padang 12, Saranjana di Kalimantan Selatan merupakan tempat berlabel ‘kota gaib’ sebab dipercaya bahwa tak sembarang orang dapat melihatnya. Orang biasa yang tak perkemampuan khusus hanya akan melihat tempat ini sebagai sebuah pulau kecil yang indah. Konon, tempat ini merupakan kota yang penduduknya ialah dari bangsa Jin.

Add comment