Ceriwis

Abu Janda, Pria Unik yang Aksinya Kerap Menuai Kontroversi dan Bikin Tepok Jidat

Sosoknya yang kontroversial dengan ciri khasnya berpakaian ala ustadz, membuat nama Abu Janda dikenal luas di Indonesia. Tak cukup sampai di situ, pria yang bernama asli Arya Permadi ini juga sangat aktif sebagai seorang pegiat sosial media. Ia kerap memancing opini publik dengan postingannya yang selalu menuai perdebatan netizen. Alhasil, komentar bernada nyinyir pun sering di alamatkan padanya.

Di balik unggahan media sosial yang sering memuat konten bernada kritikan, Arya Permadi alias Abu Janda juga dinilai sering membingungkan publik dengan komentarnya yang sering menyindir salah satu kelompok umat beragama tertentu. Selain itu, sosok yang kerap terlihat mengenakan gamis dan berparodi ini ternyata merupakan seorang reenactor atau pelaku model tokoh tertentu di masa lalu. Seperti apa sepak terjang pemuda kontroversial yang satu ini? Simak ulasan berikut.

Sosok kontroversial yang dikenal sebagai aktivis dunia maya

Aktifis di sosial media [sumber gambar]

Menurut berbagai sumber dan pengakuan Ustad Abu Janda Al-Boliwudi di FP-nya, nama aslinya adalah Permadi Arya. Identitas ini pula yang ia pakai untuk akun Google Plus yang terkoneksi ke channel Youtube miliknya. Kata al-Boliwudi yang ia sematkan pada nama dunia mayanya, merujuk pada tayangan perdananya. Di mana video yang telah ditonton oleh lebih 500 orang itu menjadi awal kemunculannya di internet. Sayang, belum ada sumber valid yang mengungkap alamat asli Abu Janda alias Arya Permadi tersebut.

Memparodikan dirinya sebagai ustad

Memparodikan diri sebagai Ustad [sumber gambar]

Banyaknya pengikut dan seringnya Abu Janda mengutip ayat-ayat dan hadis menyebabkan banyak orang menyangka kalau ia benar-benar seorang ustadz atau tokoh agama. Didukung dengan berbagai istilah yang ia pakai dalam mengelola halamannya. Misalnya pesantren Al-Facebooki, sedang semua pengunjung ia sebut sebagai santri. Padahal, sebagaimana sejak awal kemunculannya, Abu Janda adalah tokoh fiksi dan ahli parodi yang menyuarakan antiterorisme.

Kerap berkomentar satir terhadap fenomena sosial

Komentar satirnya mengundang kontroversinya [sumber gambar]

Suasana Indonesia yang sempat panas karena kasus intoleran dan penistaan agama, membuat sosok Abu Janda semakin dikenal banyak orang. Itu tak lain karena dirinya sering melontarkan kritikan tajam yang bersifat satire alias sindiran. Terutama pada akun sosial media miliknya. Selain menyuarakan anti-terorisme dan radikalisme, tak jarang Abu Janda ini juga mengomentari kondisi sosial yang ada pada masyarakat.

Misteri akun kaskus yang diduga milik Abu Janda

Akun Kaskus yang dicurigai milik Abu Janda alias Permadi Arya [sumber gambar]

Dilansir dari hiraeth.my.id, ada sebuah akun unik yang diindikasikan milik sosok Abu Janda alias Permadi Arya. Rincian datanya adalah Name : Seraffff, UserID: 43984. Member since: 2-7-2004. Total posts: 1,032. Sebuah profil Google+ tersemat di bawahnya. Yang mengejutkan, saat link tersebut dibuka ternyata mengarah pada sebuah gambar Abu Janda alias Permadi Arya. Di mana dirinya sedang mengenakan replika seragam pasukan perang salib dengan teks yang sama, yaitu Sigillum Militum Xpisti.

kalah argumen di sebuah ajang perdebatan

Keberadaan Abu Janda di Indonesia, memang hanya dianggap sebagai lelucon saja bagi beberapa kalangan yang tak menyukai dirinya. Meski menuai pro dan kontra di sana-sini, toh hal tersebut akhirnya membuat dirinya semakin dikenal masyarakat. Gimana menurutmu Sahabat Ceriwis?

Newsmaker

Add comment