Ceriwis

Jokowi jadi imam salat saat mengunjungi korban gempa di Lombok

Ceriwis – Jumlahh korban gempa yang mengguncang Lombok pada pekan lalu terus bertambah. Hingga Senin (13/8) kemarin, tercatat sedikitnya 436 korban jiwa meninggal dan korban luka sekitar 1300 orang. Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tindakan nyata terhadap korban gempa bumi.

Ia terbang menuju Lombok untuk memantau lokasi terdampak gempa bumi, Senin (13/8). Sesampainya di sana, Jokowi terus bergerilya mengunjungi tempat pengungsian korban gempa di Lombok Utara. Eks Gubernur DKI Jakarta ini tiba di lokasi jelang waktu salat Magrib.

Dusun Karangkates menjadi salah satu yang dikunjungi Jokowi. Dusun yang terletak di Kecamatan Gangga, Lombok Utara tersebut merupakan salah satu kawasan yang mengalami dampak terparah akibat gempa beberapa waktu lalu.

Presiden sempat mengobrol bersama warga dan menghibur anak-anak di tenda pengungsian. Saat masuk waktu salat, Jokowi segera memimpin para korban gempa untuk salat berjamaah di musala darurat.

“Sudah hampir petang kemarin, ketika saya tiba di Dusun Karangkates, Kecamatan Gangga di Lombok Utara. Saya sempat mengobrol dengan warga dan menghibur anak-anak di tenda pengungsian. Salat Magrib bersama warga digelar di musala darurat berupa tenda beratap terpal dan berdinding plastik,” tulis Jokowi seperti dikutip Ceriwis dari akun Facebook Presiden Joko Widodo Selasa (14/8).

 

Usai salat, Jokowi melanjutkan perjalanannya menuju Desa Lekok untuk meninjau kawasan tersebut. Sesampainya di sana, presiden menerima pertanyaan terkait kebijakan pemerintah soal rehabilitasi maupun rekonstruksi rumah para korban gempa.

Jokowi menjelaskan bahwa warga akan bergotong royong membangun kembali rumah yang roboh dengan dibantu oleh pemerintah. Adapun besaran bantuan yang akan diberikan untuk rumah yang mengalami kerusakan berat sebesar Rp 50 juta, sedangkan untuk rusak sedang sebesar Rp 25 juta.

Sebelum blusukan ke desa-desa paling terdampak gempa, Jokowi terlebih dahulu mampir ke lapangan Kantor Bupati Lombok Utara untuk meninjau dapur umum, posko pengungsian, ruang gembira anak-anak dan juga rumah sakit lapangan.

Add comment