Ceriwis

Prospek kerja pelajar IT di jaman yang serba digital

Dunia informatika sangatlah menarik untuk dipelajari oleh mereka orang-orang yang suka dengan teknologi dan berpikir secara logis dan analitik untuk menciptakan sebuah teknologi. Banyak perusahaan saat ini sedang gencar-gencarnya membutuhkan tenaga ahli di bidang IT untuk memajukan perusahaan yang dikelolanya, mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan-perusahaan besar.

Di Indonesia sendiri kebutuhan akan tenaga ahli di bidang IT masih cukup besar, hal ini menjadi peluang bagi mereka yang memiliki latar belakang pendidikan IT atau memiliki keahlian di bidang IT itu sendiri. Apa saja prospek kerja di bidang IT?

Programmer

Programmer adalah profesi paling umum bagi lulusan IT. Programmer sendiri terdiri atas Desktop Programmer, Web Programmer dan Mobile Programmer. Seorang Web Programmer untuk dasarnya harus menguasai levelframework, Mobile Programmer harus menguasai Java dan seterusnya. Untuk menjadi programmer yang handal, ilmu yang didapat dari bangku sekolah saja tidaklah cukup, perlu dilakukan pengembangan kompetensi diri juga khususnya ilmu teknologi informasi.

Tenaga Pendidik IT

Seorang lulusan Jurusan IT juga bisa menjadi pengajar IT seperti dosen atau guru, termasuk guru SD. Hal ini dikarenakan kebutuhan IT yang sangat diperlukan di masa yang akan datang, sehingga tidak ada salahnya sudah dibekali wawasan tentang dunia teknologi sejak dini. Bagi yang tidak terlalu suka duduk berlama-lama depan komputer, profesi ini sangatlah cocok karena tugas utamanya menyampaikan ilmu mengenai IT tanpa harus duduk lama depan komputer.

Software Tester & Software Engineer

Software Tester bertugas melakukan pengujian terhadap perangkat lunak dan bertanggung jawab terhadap kebenaran serta fungsi dari perangkat lunak yang dibuatnya. Terdengar mudah bukan? Tapi tentu saja profesi ini memerlukan pengetahuan dan dasar-dasar dari ilmu IT.

Beda halnya dengan software tester, software engineer memiliki kemampuan khusus untuk membuat perangkat lunak yang ia kembangkan untuk simulasi-simulasi teknologi yang sering digunakan. Perangkat lunak ini juga biasa dikembangkan untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya, karena tugas utama dalam profesi ini adalah mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya telah dibuat sang programmer. Jika diibaratkan, programmer adalah pembuat program awal kemudian dikembangkan oleh Software Engineer.

Intelligent System Developer

Salah satu profesi yang diminati oleh lulusan IT adalah menjadi Intelligent System Developer. Profesi ini bisa dikatakan cukup sulit, namun hal ini sebanding dengan apa yang akan didapatkan. Gaji yang ditawarkan kepada seorang Intelligent System Developer cukup besar dan menggiurkan. Masih berpikir tidak berminat pada IT?

IT Consultant

Seorang ahli IT pasti sangat paham dengan teori-teori teknologi, pemrograman serta teknologi yang berbasis komputer, terutama pada bagian logika karena hal itu penting untuk menjadi seorang konsultan IT. Tugas dari IT Consultant adalah memberikan konsultasi pada orang lain, antara lain memberikan rekomendasi dalam hal kebutuhan sistem pemrograman aplikasi pada perusahaan atau usaha dari mereka yang menerima konsultasi.

 

 

Analyst System Integrator

System Analyst atau sering juga disebut system integrator bertugas menganalisis sistem yang akan dibuat, selain itu profesi ini juga memerlukan ketelitian dan kreativitas yang cukup tinggi. Profesi ini dapat dikatakan cukup sulit, namun profesi ini dapat meraup pendapatan yang tinggi dibandingkan profesi IT yang lain. Tingkat kesulitan berbanding lurus dengan upah yang diterima.

 

Mau punya prospek kerja yang tinggi? Yuk segera ikuti kursus IT di Nordic dengan klik disini

 

Source: Nordic.id

Sponsored Content

Add comment