Ceriwis

Wajib tau, 10 Hewan ini bakalan punah karena pemanasan global

Ceriwis – Iklim di bumi berubah seiring dengan bertambahnya jaman. Dilansir dari climate.nas.gov, selama 650.000 juta tahun ke belakang, sudah terjadi 7 siklus perubahan iklim ekstrem.

Saat ini bumi sedang memasuki masa pemanasan global. Penyebab utama global warming 95% ialah karena aktivitas manusia di abad ke-20 ini. Mencairnya es di Antartika, Greendland dan pegunungan es merupakan bukti nyata berlangsungnya proses global warming.

Lingkungan yang berubah tentu memengaruhi eksistensi hewan-hewan. Khususnya hewan yang hidup di lingkungan dingin, mereka akan cepat terdampak global warming.

Nah kira-kira hewan apa saja sih yang cepat atau lambat akan punah karena global warming? Yuk simak informasinya berikut ini dilansir dari berbagai sumber, Kamis (29/3).

1. Rusa kutub

foto: mentalfloss.com

Rusa kutub berhabitat di Amerika Utara dan Greendland. hewan yang bertahan di suhu dingin ini akan punah jika habitatnya mengalami perubahan suhu.

2. Pinguin

foto: penguins-world.com

Pinguin hidup di lautan dan daratanyang tertutup es. Jika global warming semakin menjadi dan es meleleh, maka nasib pinguin juga akan menyedihkan. Terlebih jenis pinguin Adelie dan Emperor yang hanya bisa di es.

3.  Beruang kutub

foto: sciencenutshell.com

Nasib beruang kutub kini semakin menyedihkan. Tempat bernaungnya mulai kering tanpa es. Mereka makan dari hewan di dalam laut yang tertutup es. Jika es mencair, maka beruang utub akan kesusahan mencari makan.

4. Muskox

foto: kidsbiology.com

Muskox ialah jenis hewan mamalia berbulu yang masih bertahan dari zaman es hingga kini. Mereka hidup dalam iklim arktik yang dingin. Jika banyak es mencair, maka kehidupan mereka juga terancam.

5. Ikan air dingin

foto: s.ngm.com

Ada beberapa jenis ikan yang hanya  bisa hidup di air dingin. Sebagai contoh jenis ikan torut dan salmon. JIka suhu lautan semakin memanas, otomatis mereka akan berkurang jumlahnya.

6. Burung laut Puffin

foto: hadewarena.com

Burung Puffin hidup di atlantik dan mengonsumsi ikan di perairan dingin. Jika ikan di perairan dingin mulai berkurang karena suhu laut memanas, maka burung jenis ini akan kehilangan sumber makanan.

7. Oposum

foto: thecurrent.org

Oposum ialah hewan yang masuk kelas marsupilia. Hewan ini hidup di pundak gunung yang dingin. Jika global warming terus berlanjut, habitatnya otomatis aka tersuak. Oposum pun terancam punah.

8. Pika Amerika

foto: earthjustice.org

Pika ialah hewan sejenis kelinci. Hewan ini hidup di daerah beriklim dingin. Pika Amerika dapat dijumpai di pegunungan Nevada dan Rocky. Jika pegunungan dingin tersebut suhunya berubah panas, Pika terancam punah.

9. Kupu-kupu Apollo

foto: itsnature.org

Kupu-kupu Apollo hidup di pegunungan dingin di Eropa dan Asia. Kupu-kupu ini populasinya mulai berkurang karena kebakaran hutan. Jika ditambah dengan berlanjutnya global warming, maka kupu-kupu ini bisa punah.

10. Katak Harlequin

foto: amphibianrescue.org

Katak berdarah dingin ini hidup di Amerika Selatan. Katak jenis ini mulai berkurang jumlahnya karena kerusakan hutan tadah hujan dan tingginya polusi.

Add comment